Rabu, 31 Oktober 2012

Telaga Ninifala-Maluku Tengah (Kaki gunung Binaya)

Dua batang pohon perlambang "jodoh"
Telaga Ninifala

Telaga Ninifala atau yang sering di sebut sebagai air jodoh oleh masyarakat Piliana, merupakan sebuah telaga di kaki Gunung Binaya Maluku Tengah atau yang biasa di sebut pulau Seram dan beribukota di Masohi.  Menurut penuturan masyarakat setempat, telaga yang terbentuk secara alami ini dipercaya sebagai air jodoh yang di simbolkan melalui dua buah batang pohon yang hidup di tengah-tengah telaga. Airnya yang berwarna biru ke hijauan semakin  memberikan sentuhan natural bagi telaga ini.

Telaga yang terletak di Desa Piliana Kecamatan Tehoru Kabupaten Maluku Tengah ini, belum banyak di ekspos oleh masyarakat di luar Kecamatan Tehoru. Tentunya sentuhan perhatian dari pemerintah baik pusat maupun daerah di harapkan mampu menjadikan wilayah Telaga Ninifala sebagai objek pariwisata baru di Maluku Tengah.




Untuk menuju Telaga Ninifala, kita harus berjalan kaki 5 – 6 jam menuju Desa Piliana dengan melintasi hutan-hutan dan sungai (yang jika musim hujan tidak dapat di seberangi) di bagian lain jalur pendakian Gunung Binaya.  Masyarakat setempat mempercayai bahwa air yang ada di telaga tersebut memiliki khasiat untuk mendapatkan jodoh atau pasangan. Percaya atau tidak? Silahkan datang langsung dan merasai keindahannya….



salam 


4 komentar:

  1. Bagus banget view nya mas . . . ^_^
    eh, ini blog saya : http://argojojo.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Keren abisss.. Danke buat poatingannya. Jadi tau. :)

    BalasHapus